Rabu, 04 April 2012

Manfaat daun singkong

Manfaat daun singkong


Kandungan gizi daun singkong
  • kandungan di Umbi: vitamin (A, B1, C), kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, amilum.
  • kandungan di daun: Vitamin (A, B17, dan C), Kalsium, Kalori, Fosfor, Protein, Lemak, Hidrat arang, Zat besi.
Manfaat daun singkong
  • kandungan B17 dalam daun dan umbi singkon merangsang hemoglobin sel darah merah.
  • Untuk mngobati diare rebuslah daun singkong tersebut di air kira kira 900 cc, lalu biarkan sampai tinggal separonya atau 450 cc. lalu saring daun tersebut hingga menjadi separonya lagi.. kemudian minumlah. dipagi hari dan sorenya Ingsyaalloh diare akan sembuh.
  • Daun singkong yang dikonsumsi secara rutin juga dapat mencegah aterosklerosis – penimbunan lemak di dinding pembuluh darah yang bisa berdampak pada serangan jantung.
  • Daun singkong dapat digunakan untuk mengatasi rematik. Hal ini bisa dilakukan dengan pemakaian dalam dan pemakaian luar.
          a. Pemakaian luar caranya yaitu :
          Sediakan 5 lembar daun singkong, 15 gram jahe merah, dan kapur sirih secukupnya, dihaluskan       ditambahkan air secukupnya. Setelah diaduk, ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. 
          b. Pemakaian dalam caranya yaitu :
Sediakan 100 gram batang singkong, satu batang sereh dan 15 gram jahe direbus dengan 1.000 cc air hingga tersisa 400 cc. Kemudian disaring dan diminum airnya sebanyak 200 cc. Lakukan dua kali sehari.
  • Daun singkong ternyata juga mampu mengobati diare. Caranya yaitu rebuslah daun singkong di air kira kira 900 cc, lalu biarkan sampai tinggal separonya atau 450 cc. Kemudian saring daun tersebut hingga menjadi separonya lagi. Kemudian minumlah 2 kali sehari yaitu pagi dan sore.
  • Berbagai penelitian menyebutkan bahwa di dalam daun singkong ada berbagai kandungan asam amino yang diperlukan tubuh baik untuk membantu mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit dan tulang, meningkatkan daya ingat, kinerja otak dan metabolisme asam amino lain. Dalam kaitan mencerdaskan otak ada beberapa asam amino yang terkandung dalam daun singkong yaitu asam glutamik, phenilalanin, tirosin dan triptophan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar